KBMTV ID

Wabup Lampung Timur Azwar Hadi, Minta Pers Kritik yang Membangun

pelantikan awpi
Pengukuhan pengurus Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Lampung Timur Periode 2021-2026,  di Gedung Pusiban Kabupaten Lampung Timur, Rabu (25/8).

Lampung Timur, KBMTV — Wakil Bupati (Wabup) Lampung Timur Azwar Hadi mengatakan, ke depan dalam menyampaikan kritik dan saran bersifat untuk membangun bukan menjustifikasi (mengadili –red.).

Azwar Hadi mengawali sambutan dalam acara yang mengusung tema ‘Aktualisasikan Pontensi Profesionalisme Jurnalis Yang Lebih Berkualitas’.

Acara tersebut sekaligus pengukuhan pengurus Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) DPC Lampung Timur Periode 2021-2026,  di Gedung Pusiban Kabupaten Lampung Timur, Rabu (25/8).

“Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan jajaran akan selalu bersikap terbuka terhadap kritikan. Kami mengharapkan kritik yang konstruktif dan bersifat membangun,” katanya.

“Kami berharap seluruh insan pers dapat menjalankan tugas-tugas jurnalistiknya. Tentunya juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku, serta mematuhi kode etik wartawan Indonesia,” terangnya.

Azwar mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. Ia juga berharap melalui kegiatan tersebut AWPI bisa menjadi media komunikasi yang lebih baik.

“Semoga bisa mengemban amanah dengan penuh tanggungjawab, dan mampu menjadikan insan pers yang tergabung dalam AWPI lebih profesional,” kata Azwar.

“Selain itu, juga mampu menjadikan suatu berita sebagai media komunikasi, antara wartawan dan masyarakat. Selain itu menjadikan pertemuan ini sebagai awal yang baik, bagi hubungan silaturahmi diantara kita,” timpalnya.

Komitmen dan Integritas

Pada kesempatan sama, Ketua Umum DPP – AWPI Hengky Ahmad  Jazuli, meminta seluruh pengurus maupun anggota DPC-AWPI Lampung Timur.

“Khusus untuk seluruh jajaran DPD-DPC-AWPI dapat menjaga komitmen dan integritas, solidaritas dalam kebersamaan organisasi,” tegas Hengky.

“Wartawan  yang tergabung dalam AWPI tidak keluar dari koridor Kode Etik Jurnalistik. Utamanya dalam menjalankan tugas dan fungsinya kontrol sosial, mencari, memperoleh, mengolah Informasi dan menyebarkan informasi tidak keluar dari UU Pers dan Kode Etik,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan cindera mata dari ketua  DPP AWPI  kepada Wakil Bupati Lampung Timur.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Timur, Heri Alpasa, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik, Wirham Riadi, Camat Bumi Agung, Hendra Septiawan, Dandim 0429/lt yang di wakili Danramil sukadana, Jumali, Ketua  DPP AWPI Hengky Ahmad Jazuli, Ketua DPC AWPI Lampung Timur  Herizal serta para Forum Pers Kabupaten Lampung Timur.[] RON