KBMTV ID

Prabowo dan Emmanuel Macron Bicara Empat Mata

Prabowo
Pertemuan empat mata Prabowo dan Emmanuel Macron. (Instagram Prabowo)

Jakarta, KBMTV ID – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu langsung dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Selasa (15/3/2022). Keduanya membicarakan kerja sama pertahanan antara RI dan Prancis.

“Atas nama Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Republik Perancis Emmanuel Macron atas undangan pertemuan pagi tadi di Istana Élysée,” mengutip dari akun media sosial instagramnya Prabowo, Rabu, (16/3/2022).

Ini terkait kelanjutan rencana pembelian jet tempur Rafale buatan Dessault Aviation yang disepakati 10 Februari lalu. Selain itu Indonesia juga melakukan pembelian kapal selam Scorpene buatan French Direction des Constructions Navales dan perusahaan Spanyol Navantia.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Prabowo Subianto (@prabowo)

RI telah berkomitmen mengakusisi 42 pesawat Rafale buatan Perancis, saat ini kontrak pertama untuk enam pesawat tengah digarap untuk 36 pesawat.

RI dan Perancis sebelumnya juga telah menyepakati MoU kerja sama program offset dan transfer of technology antara Dassault dengan PT Dirgantara Indonesia.

Kedua negara juga telah membuat perjanjian kemitraan di bidang telekomunikasi antara PT LEN dan Thales Group dan kerja sama pembuatan munisi kaliber besar antara PT Pindad dan Nexter Munition.[]