KBMTV ID

Elon Musk Tak Punya Rumah, Jual Tesla Demi Beli Twiter

Elon Musk
Dalam sebuah wawancara dengan organisasi nirlaba TED yang terkenal dengan “TED Talks”, Musk membahas kehidupannya sebagai milyarder.

KBMTV.ID – Siapa sangka ternya orang terkaya versi Forbes ini ternyata cukup pelit menyisihkan uangnya untuk membeli rumah.

Dalam sebuah wawancara dengan organisasi nirlaba TED yang terkenal dengan “TED Talks”, Musk membahas kehidupannya sebagai milyarder.

Dia mengatakan  bahkan tidak memiliki rumah.

“Bahkan, saya tidak memiliki rumah sekarang. Saya benar-benar tinggal di tempat teman-teman. Jika saya bepergian ke Bay Area, di mana sebagian besar teknisi Tesla berada, pada dasarnya saya berbagi kamar tidur cadangan teman.”

Musk juga mencatat bahwa dia tidak memiliki kapal pesiar atau berlibur, tetapi memiliki pesawat.

“Jika saya tidak menggunakan pesawat, saya memiliki lebih sedikit waktu untuk bekerja.”

Peringkat miliarder terbaru Forbes menemukan Musk menempatkan kekayaan bersihnya sekitar  $ 219 miliar.

Bulan lalu, Musk mengirim perangkat keras dari perusahaan satelit internetnya Starlink ke Ukraina, setelah seorang pejabat memohon kepada miliarder itu di Twitter agar wilayah itu tetap terhubung secara online.

Wawancara tersebut mengikuti kekhawatiran yang membara tentang meningkatnya kekayaan miliarder termasuk Musk.

Pada bulan Januari, organisasi advokasi untuk keadilan ekonomi OXFAM merilis laporan yang menemukan 10 orang terkaya di dunia menggandakan kekayaan mereka selama pandemi, sementara pendapatan 99% orang di seluruh dunia merosot.

Tahun lalu, MacKenzie Scott, seorang miliarder yang telah menyumbangkan sebagian besar kekayaannya ke berbagai organisasi, mempertanyakan distribusi kekayaan secara global.

OXFAM mengungkapkan,  “Kita semua berusaha untuk memberikan kekayaan yang dimungkinkan oleh sistem yang membutuhkan perubahan.”

“Dalam upaya ini, kita diatur oleh keyakinan yang rendah hati bahwa akan lebih baik jika kekayaan yang tidak proporsional tidak diberikan. terkonsentrasi di sejumlah kecil tangan,” tulis OXFAM

Setelah Beli Twiter, Malah Jual Tesla Senilai Rp 58 Triliun

Elon Musk resmi membeli saham Twitter dengan harga 44 miliar dolar AS atau sekitar Rp 634 triliun, pada Selasa (26/4/2022).

Setelah Twitter dibeli Elon Musk ini, Twitter akan menjadi perusahaan privat, bukan lagi perusahaan publik yang melantai di bursa saham AS.

Para pemegang saham akan menerima 54,20 dolar AS (sekitar Rp 750.000) secara tunai untuk per saham Twitter yang mereka miliki.

Angka tersebut sesuai dengan penawaran yang diajukan Musk dan merupakan 38 persen dari premi harga penutupan saham Twitter pada 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Musk mengungkap kepemilikan sahamnya di Twitter awal bulan lalu.

Elon sudah harus melunasi pembayaran akuisisi sebesar 21 miliar dolar AS atau sekitar Rp 304 triliun dalam enam bulan ke depan. Elon rela menjual kepemilikannya di Tesla, yang menjadikannya sebagai orang terkaya di dunia, untuk mendanai pengambilalihan Twitter.

Setelah resmi mengakuisisi Twitter, hari ini (29/4/2022) Elon Musk memberikan pernyataan bahwa ia telah menjual hampir 4 miliar dolar AS sahamnya di Tesla atau sekitar Rp 58 triliun.

Pernyataan ini disampaikan melalui akun Twitternya @ElonMusk.

“Tidak ada rencana penjualan selanjutnya untuk Tesla, setelah hari ini,” demikian isi cuitan Elon.

Dikutip dari The Guardian, Elon yang memegang jabatan sebagai CEO Tesla, diketahui menjual saham miliknya pada hari Selasa dan Rabu. Penjualan tersebut terjadi ketika harga saham Tesla anjlok.

Turunnya harga saham Tesla ini, merupakan imbas kekhawatiran investor bahwa orang terkaya di dunia tersebut akan melepas sahamnya.

Menurut investor, Elon Musk tidak akan memiliki banyak waktu untuk menjalankan bisnis mobil listriknya karena persaingan di sektor tersebut sedang tinggi-tingginya.

Selain itu, investor menilai Elon akan membutuhkan dana tambahan untuk mengakuisisi Twitter. []