KBMTV ID

Mau Mulai Bisnis? Ini Kuliner Seribuan yang Paling Cuan

seribuan
Bisnis kuliner untuk kudapan dengan harga Rp 1000,- atau Rp 2000,- menjadi alternatif usaha yang menjanjikan keuntungan | Foto: ilustrasi

KBMTV.ID – Uang recehan Rp 1.000,- atau Rp2.000,- untuk beli jajanan apa? Ini tahun 2022 lho…

Boleh jadi uang seribu atau duaribuan di tahun 2000an ini jadi tak berarti, apalagi dibandingkan dengan harga seliter BBM (Bahan Bakar Minyak) yang seliternya sudah di atas Rp 7.000,-

Tapi bagi seorang wira usaha yang pantang menyerah, justru dari nilai seribu atau dua ribu itu, bisa menjadi sumber cuan.

Pada masa pandemi tahun 2021, kuliner seperti baso aci, cireng, keripik kaca, croffle, telur gulung, tahu walik, rokupang, dan masih banyak lagi, sukses menjadi kuliner yang populer di masyarakat.

Seiring dengan berangsur-angsur pulihnya kehidupan masyarakat, dan aktivitas mulai ramai kembali, tahun 2022 ini muncul jajanan kuliner baru yang siap menghasilkan cuan.

KBMTV.ID kali ini mengangkat beberapa kuliner seribuan yang viral di tahun 2022, dan tentu saja berprospek dengan cuan.

Pilihan kuliner seribuan ini, cocok bagi UMKM karena dari segi bahan baku, pengolahan dan penyajian kepada konsumen sangat mudah, selain segi lokasi jualan yang bisa buka di depan rumah.

Yuk kita simak apa saja kuliner seribuan yang paling cuan.

Dimsum

dimsum
Dimsum

Kuliner khas yang berasal dari negeri China  ini ternyata sudah hadir sejak zaman Dinasti Han (206 SM –  220) loh, itu berarti sudah ribuan tahun. Dimsum terbagi menjadi dua, yaitu dimsum goreng dan kukus. Untuk yang kukus biasanya disajikan dalam wadah bambu, dengan tujuan agar tetap hangat saat disantap.

Dim Sum merupakan istilah dari bahasa Kantonis yang memiliki arti ‘makanan kecil’, sedangkan dalam bahasa Mandarin disebut dianxin yang secara harafiah berarti ‘sedikit dari hati’ atau ‘menyentuh hatimu’.

Sesuai dengan porsi per sajian yang kecil dan jumlahnya memang tidak banyak, hanya sekitar tiga hingga empat buah dalam satu piring atau wadah kukusan bambu.

Bagi yang sedang ingin wira usaha makanan ringan seribu atau duaribuan di tahun 2022 ini, Dimsun menjadi kuliner yang direkomendasikan sebagai pilihan.

Bahkan, kini juga mulai banyak pebisnis yang memvariasikan dimsum agar terlihat lebih menarik, seperti dibuat versi mozarella, rasa yang lebih beragam, warna yang unik, hingga cara penyajiannya yang berbeda.

Sebagai informasi, kudapan ini berasal dari Jalur Sutra khususnya di bagian Asia Tengah. Pada zaman Dinasti Han menjadi rute perjalanan yang sering dilalui pedagang, buruh, dan petani.

Orang-orang yang berlalu lalang membutuhkan tempat istirahat dan kemudian mampir sejenak ke kedai, untuk menikmati teh dan makanan ringan. Makanan ringan inilah yang sekarang kita kenal dengan dimsum dan kemudian muncul istilah yumcha yang berarti minum teh bersama sambil menyantap dimsum.

Kue Sus Kering

sus
Kue Sus Kering

Cocok untuk camilan, kue sus kering juga bisa menjadi usaha makanan ringan serba seribu duaribuan di tahun 2022 ini. Selain enak, camilan kue sus kering mini juga lebih sehat terlebih untuk anak-anak.

Biasanya kue sus kering tanpa isi atau dengan isi. Berbeda dengan kue sus basah, kue sus kering biasanya berisi selai cokelat, krim stroberry, hingga krim keju.

Memasak kue sus kering dengan cara memanggang, sehingga tidak menggunakan minyak. Untuk penjualannya bisa dengan mengelompokkan berdasarkan berat, mulai dari 100 gram, 250 gram, setengah kilo, hingga kiloan.

Ukuran kecil untuk konsumen anak-anak sekolah, cocok dengan kantong jajan anak-anak sekolahan.

Sangat direkomendasikan bila lokasi usaha di dekat sekolah, karena kuliner jajanan ini baik untuk konsumen anak-anak.

Sedangkan dari seggi bahan untuk membuat sus kering cukup sederhana. Terdiri dari margarin, gula, tepung terigu, baking powder, dan putih telur. Selain itu, anda juga dapat membuat kreasi dengan tambahan chocolate filling di dalamnya.

Kue sus kering ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, sehingga banyak orang yang menggemarinya. Apalagi dengan tambahan chocolate filling di dalamnya, menjadi camilan enak yang bisa menemani waktu bersantai.

Telur Gulung

telur_gulung
Telur Gulung

Kudapan ini sebenarnya sudah melegenda sebagai jajanan anak sekolah dasar, dan sangat rekomendasi untuk menjadi pilihan kuliner yang menghasilkan cuan dengan bandrol seribu dua ribuan.

Namun kreasi telur gulung kini terus berkembang dengan inovasi-inoasi baru. Banyak pebisnis yang berinovasi untuk membuat telur gulung yang berbeda. Misalnya telur gulung pentol, telur gulung bihun, telur gulung sosis, hingga telur gulung panggang.

Meski sudah berinovasi dengan ragam varian, telur gulung masih tetap dengan harga yang menjangkau anak-anak sekolah dasar, seribu atau duaribuan per buah.

Cara pembuatannya juga mudah, dan target pasar juga sangat luas. Jadi, kamu bisa menjual makanan ringan ini, ke semua kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa.

Sosis Bakar

sosis
Sosis Bakar

Tahun 2022 ini sosis bakar semakin menjadi kuliner trending, karena makanan ini selain bisa sebagai cemilan juga menjadi makanan yang mengenyangkan.

Semakin semarak karena usaha sosis bakar tidak membutuhkan modal yang besar, cocok bagi yang ingin mulai ber wisa usaha UMKM.

Tidak hanya trending, rasanya yang lezat dan kandungan protein serta gizi yang terkandung dalam sebuah sosis membuat jajanan ini menjadi pilihan konsumen dari berbagai kalangan.

Bagaimana bisa sih sosis bakar harganya bisa seribuan? Jangan kaget, karena bahan baku bisa beli sosis di agen khusus frozen food yang murah, sehingga sosis bisa membandrol harga Rp1.000 per buahnya.

Bisnis ini cocok dengan sistem angkringan di pinggir jalan, jualan keliling ke sekolah-sekolah, jualan online via aplikasi, dan masih banyak lagi sistem bisnis yang bisa kamu jalankan.

Namun jangan berpikir usaha ini tidak ada pesaing, tentu saja pasti ada pesaing dari pedagang sosis lain. Nah, inilah tantangan wira usaha untuk bisa bertahan dari persainga. Kuncinya tidak lain adalah tetap melakukan inovasi bisnis sosis bakar, agar bisa lebih menarik dan unik dari para pesaing. Misalnya, menggunakan bumbu teriyaki, bumbu rendang, black pepper, barbeque, asin pedas, dan lainnya.

Selain itu mempromosikan dengan inovasi-inovasi khusus, sepeti buy two get one, harga promosi, dan inovasi-inovasi lainnya. Jangan pernah menyerah.

Tentu saja keramah-tamahan penjual, kemasan yang menarik, dan pembeli adalah raja sebagai kunci keberhasilan.

Keju / Aroma Keju

keju
Keju Aroma

Kuliner ini merupakan camilan keju cheddar yang memotong panjang-panjang seperti stick. Kemudian gulung dengan kulit lumpia, dan menggorengnya sampai renyah.

Cara penyajiannya, bisa langsung menyantapnya hangat-hangat, atau bisa mencocolnya dengan susu kental manis, selai coklat, selai stroberi, dan lainnya.

Usaha ini menjadi rekomenasi untuk jajanan makanan ringan yang bisa seharga seribuan per piece, keju aroma ini lebih trending dengan nama keju goreng crispy.

Strategi penjualan bisa dengan sistem per pack, dalam satuan packing bisa berisi lima atau 10 buah dengan harga seribu rupiah.

Sama seperti rekomendasi kuliner lainnya, keju aroma ini bahan baku mudah mendapatkannya dengan harga terjangkau, selain itu juga proses pembuatan sangat praktis.

Cocok untuk target pemasaran di sekolah anak-anak, karena makanan ini menyehatkan selama bahan bakunya tidak menggunakan “trik-trik” curang untuk meminimalkan modal.

Selamat Mencoba… 

***