KBMTV ID

Idola K-Pop China Bikin Netizen Korea Meradang, Begini Masalahnya

k-pop
Idola K-Pop asal China kompak ramai-ramai memposting One China, di tengah Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi Ke Taiwan.

KBMTV.ID – Di Tengah Ketegangan China vs Taiwan, Winwin NCT dan Wang Yiren Everglow Mendukung kebijakan “Satu China”

Idola K-pop China menunjukkan dukungan mereka untuk “One China” selama kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan yang telah membuat marah China.

Pada tanggal 3 Agustus, anggota NCT dan WayV, Winwin memposting foto dengan tagar #One China di akun Weibo resminya.

“Kebijakan “Satu China” menegaskan bahwa China, Taiwan, Hong Kong, dan Makau adalah salah satu yang tidak dapat dibagi, dan bahwa China adalah satu-satunya pemerintahan yang sah,” tulis Winwin.

Pada hari yang sama, anggota grup idola K-pop lainnya, Wang Yiren dari Everglow, juga secara terbuka mendukung kebijakan “Satu China” dengan memposting poster yang dibuat oleh CCTV di Weibo-nya.

Selain itu, banyak selebritas China yang pertama kali debut sebagai idola K-pop seperti Lay EXO, Cheng Xiao WJSN, mantan Miss A Jia, dan mantan Victoria f(x) juga secara terbuka mendukung kebijakan “Satu Tiongkok”.

Beberapa selebritas asal China yang pertama kali debut sebagai idola K-pop,  seperti Lay EXO, Cheng Xiao WJSN, mantan Miss A Jia, dan mantan Victoria f(x) juga secara terbuka mendukung kebijakan “Satu China”.

KBMTV.ID mengutip dari Insight, tampaknya itu adalah kritik terhadap kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan malam sebelumnya. Pihak China memprotes kunjungan Pelosi ke Taiwan sebagai pelanggaran prinsip “Satu China”.

Lebih dari dua juta artikel yang memprotes kunjungan Pelosi ke Taiwan diposting di Weibo.

Postingan Winwin telah mencapai lebih dari 8.300 ‘suka’ dan 1.500 ‘retweet’, sebagi bentuk dukungan antusias dari netizen China. Di kolom komentar, pujian seperti “Hanya satu China, “Untuk negara kita”, “Hanya untuk satu China” dan lain-lainnya lagi.

Protes Netizen Korea

Namun mayoritas para penggemar Korea langsung bereaksi negatif terhadap anggota grup K-pop asal China itu yang secara terbuka memposting pesan politik meskipun aktif di Korea. Sebab, pesan-pesan politik semacam itu bisa merugikan seluruh kelompok.

Beragam komentar netizen Korea sebagai berikut.

“Semua idola China harus meninggalkan Korea.”

“Tolong usir WayV dari NCT.”

“Kenapa para idola China ini debut di Korea! Pergi saja ke negaramu sendiri!”

“Memposting bahwa dalam iklim ini pada dasarnya meminta perang.”

“Tolong tinggalkan NCT dari ini, WayV bukan bagian dari NCT…”

“Setiap idola China yang memposting tentang ‘One China’ sama saja sudah mati di Korea.”

“Bisakah kita secara serius melarang idola China dari K-Pop.”

“Bisakah seseorang membuat daftar semua idola K-Pop Tiongkok yang memposting ini di Weibo? Jadi kita bisa memboikot setiap grup yang mereka ikuti.”

“Aku benar-benar ingin bertanya kepada mereka. Apakah kamu akan senang jika perang pecah?”

“Jika ada lagi anggota NCT yang mengunggah ini… NCT sudah berakhir di Korea.”

“Apakah mereka tidak memiliki kesopanan? Mereka mendukung sosialisme tetapi mereka ingin menghasilkan uang di negara demokratis.”

Sebelumnya para K-Pop asal China pada bulan Juli tahun lalu, berbagi posting terkait dengan China “Proyek Timur Laut” China satu demi satu, akibatnya juga menyebabkan kritik keras dari penggemar Korea.[]