KBMTV ID

Kuliah Gratis di Luar Negeri? Ini Daftar Negaranya

kuliah
Kuliah di Jerman tanpa dipungut biaya alias gratis, namun biaya hidup harus ditanggung sendiri.

KBMTV.ID –  Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) sederejat tentunya menjadi idaman untuk bisa mencapainya. Namun di zaman informasi yang serba mudah mendapatkannya, menjadi hal yang tidak sulit untuk bisa meraih impian melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Kendala utama untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi biasanya terkendala oleh biaya, sehingga banyak para lulusan akhirnya memilih untuk bekerja untuk mendapatkan penghasilan pribadi. Apalagi sampai berkuliah di luar negeri, bagi kebanyakan orang menjadi sebuah impian yang tidak mungkin bisa mendapatkannya.

Bisa kuliah di luar negeri? Siapa bilang tidak mungkin. Berikut ini ada beberapa perguruan tinggi di luar negeri yang menyediakan perkuliahan gratis bagi para mahasiswanya. Maksudnya perguruan tinggi tersebut bukan merupakan program beasiswa, melainkan perguruan tinggi itu memang sengaja tidak memberikan beban biaya perkuliahan bagi para mahasiswanya.  Bahkan beberapa perguruan tinggi luar negeri tersebut juga memberlakukan bagi mahasiswa asing.

Berikut merupakan daftar negara yang mahasiswanya tidak perlu beasiswa, namun tetap dapat kuliah secara gratis.

Finlandia