KBMTV ID

Sukses Gelar APRC Di Toba, Wagub Sumut Rajekshah Persiapkan WRC

aprc
Sukses Gelar APRC di Danau Toba, Wagub Sumut persiapkan ajang rally tingkat dunia (WRC) | IG Musa Rajekshah

KBMTV.ID – Danau Toba Asia-Pacific Rally Championship (APRC)  2022 mendulang  sukses, setelah berlangsung pada 23-25 September 2022, Simalungun Sumatera Utara.

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah, menuturkan ajang APRC ini merupakan  ajang promosi pariwisata Danau Toba.

“Mudah-mudahan UMKM di Parapat benar-benar terbantu dengan adanya event ini. Saya berharap ada tidak adanya event, pariwisata Danau Toba ini akan selalu ramai,” katanya, dalam unggahan Instagram yang KBMTV.ID lansir pada Rabu, (28/9).

Rajekshah mengatakan, saat pagelaran APRC kemarin, Bupati Simalungun juga mengatakan bahwa hotel di Parapat penuh, warung-warung rumah makan juga selalu ramai.

Ijeck, panggilan akrab dari Musa Rajekshah merasa senang melihat kota Parapat begitu ramai saat ajang APRC 2022.

“Saya melihat bukan hanya wisatawan lokal saja yang berada di sana, melainkan turis-turis asing pun ikut meramaikan dan datang ke Danau Toba,” tuturnya.

“APRC ini ajang promosi kita untuk mendatangkan wisatawan lokal dan turis mancanegara,” kanya.

Ia menambahkan, pada ajang APRC  ini banyak peminat para perally muda yang memiliki potensi.

“Banyak para perally muda yang memiliki potensi dan mampu memberikan persaingan. Serta menambah warna di ajang Danau Toba APRC 2022,” ucapnya (25/9).

Ia pun berencana dalam waktu dekat setelah  ajang APRC ini, akan mempersiapkan World Rally Championship  (WRC).

“Pemprov Sumut dan IMI akan mempersiapkan diri untuk ajang Asia Rally Cup sesuai dengan pengamatan dan penilaian dari Fédération Internationale de l’Automobile (FIA),  sebelum menuju World Rally Championship,” jelasnya.

“Kalaulah WRC ini sudah terlaksana, maka bukan lagi Kabupaten Simalungun yang akan merasakan dampak ekonominya, melainkan Indonesia pun ikut merasakan dampak peningkatan ekonominya,” tambahnya.

Rifat Naik Podium

Pereli Rifat Sungkar menempati posisi pertama di leg pertama Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba Asia Cup seri empat. Berpasangan dengan navigator Benjamn Searcy, Rifat mencatatkan waktu tercepat 1 jam 19 menit 56,4 detik.

Sementara itu di urutan ke dua Rajekshah mencatatkan waktu 1 jam 22 menit dan, Ricardo Gelael di posisi ketiga dengan waktu 1 jam 24 menit.

Kepada para pembalap junior, Rifat berkomentar, Ricardo bisa menunjukan kepada atlet muda Indonesia, ternyata lebih kencang.

Dalam balapan bukan hanya soal kencang saja yang harus diperhatikan, tapi nasibnya juga,” kata Rifat

“Apresiasi sekali kepada Ricardo yang luar biasa hebat. Yang hebat juga, mohon maaf kepada yang muda-muda, sebab yang tua-tua ada di atas (podium). Jadi, besok-besok kami semua dikejar dari belakang,” kata Rifat dari atas podium di Terminal Sosor Saba, Parapat, Minggu, 25 September 2022.

“Saya hanya tiga pedal dan satu stir. Tapi, dalam tim ini ada sekitar 20 orang yang kerja keras. Ini adalah hal yang luar biasa,” ucapnya.

Ajang balap internasional Asia-Pasifik rally 2022 ini diikuti 65 peserta. APRC 2022 berlansung mulai tanggal 23-25 September di Hutan Tanaman Industri Toba Kecamatan Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.[]

You cannot copy content of this page