KBMTV ID

Presiden Pastikan 17 Kepala Negara Hadiri KTT G-20

jokowi
Presiden Memastikan 17 Kepala Negara hadir dalam KTT G-20 Bali.

KBMTV.ID – Sejumlah 17 kepala negara akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 Indonesia di Bali yang belangsung 15-16 November 2022.

“Persiapan KTT G20 saya sudah dapat laporan bahwa semuanya sudah siap, 17 kepala negara hadir dan ini sangat menggembirakan,” ujar Jokowi dalam konferensi persnya usai tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Ahad (13/11/2022).

Jokowi mengatakan, kehadiran 17 kepala negara ini menggembirakan di tengah situasi sulit global. Apalagi, Jokowi menyampaikan kehadiran Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China XI Jinping.

“Di tengah masa yang sangat sulit seperti sekarang ini, apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden  Xi Jinping juga akan hadir,” ujar Jokowi.

Kepala Negara juga menegaskan posisi Indonesia untuk perdamaian global. “Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi,” ujarnya.

Presiden Jokowi juga menekankan Indonesia akan memperjuangkan perdamaian dunia dan menjadi bagian dari solusi perubahan iklim dan pemulihan ekonomi.

Jokowi dalam keterangan persnya turut mendampingi Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Mensesneg Pratikno.

Kedatangn Joe Biden

Sementara itu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sudah tiba di Bali, Minggu (13/11) malam sekitar pukul 22.10 WITA. Ia terbang dengan menggunakan pesawat Air Force One untuk menghadiri KTT G20 Indonesia.

Pantauan KBMTV pada siaran langsung dalam akun Instagram G20 Indonesia terverifikasi @g20org, tampak Biden menuruni tangga pesawat seorang diri. Pasukan jajar kehormatan dan penampilan puluhan penari Bali menyambut kedatangan Biden.

Biden tampak tersenyum melihat sambutan para penari tersebut, kemudian Biden menaiki kendaraan jenis sedan limosin berwarna hitam.

Sebelumnya sejumlah delegasi lain KTT G20 juga telah hadir di Bali di antaranya Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Executive Chairman The World Economic Forum Klaus Schwab. Director General International Labour Organization Gilbert Houngbo, serta Chairman Islamic Development Bank Muhammad Al Jaser.[]

You cannot copy content of this page