Resepsionis
Selama ini resepsionis menjadi ciri khas di lobi kantor modern, pekerjaan resepsionis berisiko akan digantikan oleh AI.
“Perusahaan teknologi modern dan perusahaan multinasional sedang mengembangkan sistem telepon dan penjadwalan otomatis membuat tugas resepsionis tradisional tidak diperlukan lagi,” kata Hasan.
Menurut Glassdoor, resepsionis menghasilkan rata-rata $41,468 per tahun di Amerika Serikat (AS).
Petugas Pengantar Kiriman (Kurir)
Minat orang Amerika terhadap jasa pengiriman paket terus meningkat, sebagian besar disebabkan oleh semakin meluasnya kehadiran e-commerce. Petusa kurir mendapatkan gaji rata-rata $38,506 per tahun, menurut Talent.com, sementara pengemudi pengiriman menghasilkan $39,000.
Sementara banyak orang berpikir bahwa adanyaa peningkatan permintaan akan tenaga kerja di bidang ini, dengan demikian peluang kerja bagi manusia akan berlipat ganda. Tetapi sayangnya besar kemungkinan teknologi AI lah yang akan mengisi peluang kerja kurir tersebut.
Dengan munculnya drone dan robot pengantar barang, peran kurir dan petugas pengiriman perlahan tergantikan,” kata Hasan.
“Otomasi pengiriman menjadi semakin umum, menunjukkan bahwa profesi ini akan terotomatisasi dalam waktu dekat,” imbuhnya.
Profesional IT
Profesional bidang teknologi informasi di AS menurut Glassdoor menghasilkan rata-rata $60.000. Tapi para pekerja IT ini justru akan kehilangan penghasilannya karena adanya Ai.
“Dengan melimpahnya sumber daya dan panduan online, perusahaan semakin mengandalkan kecerdasan buatan dan chatbot untuk merespons permintaan pengguna dan pelanggan,” kata Hasan.
Layanan Pelanggan (Customer Service)
Menurut Nathan Brunner, CEO mesin pencari kerja Salarship, posisi layanan pelanggan akan paling terdampak karena adanya teknologi AI.
“Misalnya, Google sudah mempertimbangkan untuk memecat 30.000 karyawan di bagian penjualan iklan dan dukungan pelanggan,” kata Brunner.
“Tetapi ini hanyalah puncak gunung es, dan perusahaan lain kemungkinan akan mengikuti jejak solusi AI yang secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional peran layanan pelanggan,” kata Brunner.
Bruner mengatakan, AI dapat meningkatkan sebagian besar tugas dukungan pelanggan, dan pertanyaan dasar yang mengikuti skrip yang ditetapkan atau melibatkan respons berulang dapat ditangani oleh chatbot yang didukung AI.
Perwakilan layanan pelanggan menghasilkan hampir $40.000 per tahun menurut data Glassdoor.